Visitors

choose

Kamis, 12 April 2012

Manisan Pepaya - cara pembuatan


                                                                                                      Manisan pepaya
BAHAN:
1 buah (2,5 kg) pepaya mengkal, kupas
750 gula pasir

Larutan garam:
1 1/2 L air
4 sdm garam

Larutan kapur:
11/2 L air
3 sdt kapur sirih

CARA MEMBUAT:

  1. Potong pepaya melintang sepanjang 10 cm. Belah 2 membujur 2. Serut memanjang.
  2. Buat 2 sayatan yang sama lebarnya di setiap potong pepaya, dimulai dari sisi atas 11/2 cm dan sisi bawah 1 1/2 cm, sehingga akan diperoleh 3 bilah sayatan tidak putus. Rendam dalam larutan garam hingga layu. Tiriskan.
  3. Tumpuk 2 potong papaya, masukkan setiap bilah sayatan papaya di bagian bawah di antara setiap bilah sayatan papaya bagian atas. Anyam tiap 2 potong pepaya menjadi satu hingga berbentuk kepang.
  4. Regangkan papaya bagian atas dan bawah hingga berongga. Satukan kedua ujung papaya bagian atas dan masukkan ke arah rongga sambil dibalik dan ditarik ke atas hingga diperoleh pola anyaman kepang. Buka kedua ujung papaya bagian atas dengan arah yang berlawanan sehingga bentuknya seperti sayap kupu-kupu. Rendam dalam air kapur sirih semalaman. Cuci bersih hingga airnya bening.
  5. Masukkan 150 g gula ke dalam pepaya, aduk rata. Diamkan selama 2 jam hingga keluar air. Tiriskan , sisihkan airnya.
  6. Tambahkan air gula bekas rendaman pepaya dengan 100 g gula. Masak hingga kental. Angkat. Dinginkan. Tuangkan air gula ke pepaya. Rendam semalaman hingga keluar air. Lakukan step 4 dan 5 sebanyak 2 kali hingga gula habis. Tiriskan pepaya. Sajikan.
Untuk 2.5 kg

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More